Home > Finansial > Real estat > Poll: PINJAM UANG = HUTANG ATAU BUKAN?

Poll: PINJAM UANG = HUTANG ATAU BUKAN?


846 dilihat

Gan… gw mau nanya nih. Kalau ada yang meminjam duit dari kalian itu artinya hutang atau bukan?

Berikut adalah percakapan gw dengan kawan gw yang pernah pinjam duit sama gw yang bernama LEA LIU LIANG (https://www.facebook.com/Tere.Schatzie)

LLL: tp gw beneran gapunya uang sama sekali. Gue juga abis ditipu ama temen deket gue sendiri orangnya di makasar 2 juta. Please lah lu maafin semua kata2 gue. Gue nyesel kok. Tp please jgn kyk gini, gue gapunya uang d atm pun 0. Tiap bulan uang kasih ke orang tua. Dia uda ga kerja bokap gue gak kerja. Lu datang aja kerumah klo engga percaya


Gw:
1. Awal aku mau ajak cari solusi, tapi apa yang kamu lakukan? Kamu gtin aku
2. Kamu blokir aku
3. Aku berusaha untuk kontek ke cow km, tp km suruh cow km blokir aku
Itu maksud km apa?


LLL: iya aku emang salah. Aku takut kamu cari2 aku untuk suruh bayar hutang. Sedangkan aku tidak merasa berhutang. Kan selama aku butuh uang dan kamu kasih. Kamu bilang pake aja. Benar kan? Tolong aku lah, jangan seperti ini. Aku bener2 sedang ga punya juga. Aku bukan orang kaya


Gw: Aku blng pake aja dl, jgn pikirin dl. Kalau kamu dah ada baru balikin. Tp terjadi apa? Kamu hajar aku bgt.


LLL: hajar apa? Kamu yang mengilang


Gw: Kamu melangkahin aku


LLL: yaa maaf.


Gw: Itu dah kurang ajar


LLL: Aku minta maaf buat semuanya.


Gw: Aku ga menghilang kok


LLL: Aku mohon. Mohon banget. Aku benar2 minta maaf.

Gw: Buktinya km blokir aku di wa


LLL: Kita sesama kristiani. Aku sedang sudah. Ya blokir krn aku uda punya pacar. Jadi lbh baik tidak kontek. Jangan berpikir negativ


Gw: Coba jelasin ini. Kamu blokir aku bukan krn km pny pcr. Tp krn km mau kabur


LLL: loh. Kabur dr apa? Saya bukan orang seperti itu. Kamu kenal tuhan yesus kan? Kamu ke gereja. Kenapa harus dengan cara uang kamu kejar2 saya dan ngancem2 saya. Tolong ya masalah ini jangan diperpanjang. Saya minta maaf demi tuhan yesus. Saya tidak ada niat seperti itu dan saya ga punya uang untuk bayar uang ke kamu. Saya mogon dengan sangat. Tolong jgn lewat pacar saya atau kantor saya juga. Tolong pake hati nurani kamu. Saya percaya kamu orang yg baik. Saya minta maaf sebesar2nya. Maaf kesalahan saya selama ini. Tolong ya jgn dtng ke kantor saya atau tlp ke kantor. Tolong ikhlaskan uang yg kamu berikan ke saya. Saya gak bisa ganti. Tolong jgn tagih2 lagi. Maafin aku. Gue harap lu gak perlu cerita ke nathalya kita sama" tau dia gimana.. Klo lu mau kelarin masalah lu ama gue cukup lu ama gue aja.. Gue tau sifat dia dan lu pun tau.. Gue uda jujur uda sumpah demi tuhan tp lu ttp gak mau kasih gue chance.. lu ttp mau maksa suruh gue bayar semua hutang lu.. Lu sebutin berapa nominalnya tggu sampe gue bener" ada uang gue akan lgsg trf lu.. Tp kasih gue waktu.. Jgn lu bikin masalah ini sampe lebar kyk ke kantor gue dan lu ngmg ke nathalya.. Lu gak baca whatsapp gue gimana kita bisa komunikasi dengan baik.. Gpp lu dendem kesel marah dengki ama gue.. Ya gue suka foya" ya ? makanan mahal gitu kan maksud lu.. Ya itu cukup dl.. Uang gue pun habis bukan untuk diri gue sendiri untuk bantu sodara gue dan nyokap gue yg uda gak kerja dia cuma jualan nasi bokap gue grabbike.. Tolong lu pikirin lg.. Gue tau gimana rasanya jdi elu.. Apa gue uda blg maaf lu ttp gak bisa maafin ? Lu ttp mau paksa gue ? Mau gue foto rekening gue yg 0 semuanya ? Dompet gue yg kosong ? Gue uda dapet karma dr elu.. Klo lu lebih denger kata nathalya silahkan gak gue larang.. Tp skrg gue uda buka semua blockir an elu gue uda tlp elu juga.. Tp lu ttp kyk gini. Saya mohon dengan sangat kepada anda jgn datang ke kantor saya. tolong

Gw: Maaf yang sebesar besarnya karena aku menagih hutang sama kamu, seperti yang kamu bilang di whatsapp kemarin, kamu memblokir aku karena:
1.Karena aku terus terusan menagih hutang sama kamu. Berarti intinya adalah kamu merasa risih karena aku menagih kamu. Betul ga?
2.Karena kamu merasa kamu dah punya cow yang pelaut dari bekasi itu, jadinya kamu memblokir aku dengan alasan itu. Tapi pernah ga sebelum kamu memblokir aku, kamu masih ingat kamu masih punya hutang ?
Jadi aku menarik kesimpulan adalah kamu tidak mau membayar hutang, jadinya kamu jadikan cow kamu itu jadi tameng kamu, habis itu kamu blokir aku. Good Job!!!
Btw kan kamu bilang kamu blokir aku karena ada cow kamu, then sekarang kenapa kamu mau unblock aku? Mank dah putus sama pelaut dari bekasi itu?
Nah bahas tentang perkataan kamu tentang ?Tuhan Yesus?. Mank kalau aku sebagai pemberi hutang dan kamu yang punya hutang, kita sama sama Kristen, sama sama pikul salib, sama sama baca Alkitab, sama sama punya iman pada Tuhan Yesus, sama sama ke gereja, sama sama percaya akan perjanjian baru dan perjanjian lama, sama sama mempercayai Allah TriTunggal dan hutang tidak usah dibayar? Tolong jelaskan aku hal ini dan tolong kasih aku 1 atau lebih ayat yang bisa claim kalau yang punya hutang ga usah bayar dan yang memberikan hutang tidak usah menagih.
Masalah ngancam. Kenapa saya memberikan respond seakan akan aku mengancam?
1.Karena ketika saya menagih hutang pada suatu hal yang terjadi sebelum saya menagih itu, kamu memblokir aku.
2.Saya berusaha untuk ingin menyelesaikan masalah hutang piutang dengan cara kekeluargaan dan seperti yang kamu katakan dalam kekristenan. Saya sudah lakukan itu, saya berusaha untuk kontek kamu dan saya baru menyadari kalau kamu dah memblokir aku dan akhirnya aku kontek ke pacar kamu yang pelaut dari bekasi itu, tapi apa respond yang dari dia? Dia cuma membaca (mank lo kita Koran Cuma dibaca), tapi alhasil apa yang terjadi? Dia memblokir aku tanpa 1 helai benang pun ups maksudnya tanpa 1 huruf pun dia balas. Kamu berpikir ini yang patut dilakukan? Kamu punya hutang, aku mau nagih hutang, kamu blokir aku, aku kontek ke cow kamu yang pelaut dari bekasi itu, dia ga jawab apa apa dan dia blokir aku.
3.Karena saya tidak dapat menghubungi kamu dan orang yang dekat sama kamu saat itu (baca aja cow kamu yang pelaut dari bekasi itu), makanya aku kontek ke bekas kantor kamu (kan kamu dah resign dari ?PT DWI MUTIARA SEJAHTERA). Tapi puji Tuhan bekas kantor kamu tidak memblokir aku karena nagih duit ke kamu.
4.Dibalik itu semuanya, intinya Cuma ada 1 kenapa aku terus terusan menagih kamu, karena ketidakjujuran kamu.
Masalah hati nurani. Kamu menyuruh aku untuk menggunakan hati nurani aku? Tapi pas kamu menipu aku dan memblokir aku, kamu menggunakan hati nurani ga?
Masalah ikhlasin duit itu. Anggap aja aku ini bodoh dan tidak mempunyai otak cerdas. Sekarang aku anggap kamu pintar dan cerdas, tolong donk ajarin aku untuk mengikhlaskan hal itu dengan seikhlas ikhlasnya tanpa ada dendam, tanpa ada pengumulan, tanpa ada complain dan anggap itu semua selesai kepada orang yang berhutang dan yang pernah tidak jujur sama kamu. Ajarin aku donk.
Masalah jangan certain kepada Nathalya. Yang mulai cerita ke dia itu sapa? Yang mulai suruh dia call ke aku sapa? Yang mulai ungkit ungkit masalah ini ke dia sapa? Yang mulai cerita sampai inti ceritanya sapa?
Ya pokoknya intinya Cuma 1, KAMU HARUS TETAP BAYAR sesuai dengan waktu yang ditentukan.
Kenapa aku lakukan begitu seperti kayak ga punya hati adalah:
1.Kamu dah menipu aku
2.Kamu dah blokir aku
3.Kamu dah ngatain aku
4.Cow kamu dah blokir aku (harusnya kalau dia jantan, dia nanya masalahnya apa dan bantu selesaikan. Kan dia pelaut, masa kalau kapalnya dah mau hanyut, dia cari aman sendiri?)


LLL: Maaf ya bapak anda mau memeras saya ? Mau anda tuntut saya pun kalau saya memang gak punya uang percuma saja saya bukan dr orang kaya saya sudah bilang rekening saya pun 0 artinya kosong saya menipu anda apa toh ? anda yg mau memberikan saya uang. saya cukup sabar menghadapi ulah bapak gak usa bicara panjang lebar . Intinya saya TIDAK PUNYA UANG . bapak tolong ya manusiawi . Bapak laki2 bapak sudah tua bapak dewasa berpikir logika saja ya saya khilaf saya minta maaf thanks. Apakah tuhan mengajarkan pembalasan dendam? Saya yakin anda lebih memiliki derajat dan tahta yg lbh baik dari saya. Untuk apa anda berbuat seperti ini? Anda memeras saya mencemarkan nama baik saya. Apakah ada saya melakukan hal itu? Saya tidak punya uang bapak trims. Berapa jumlah yg harus saya bayar. Kirim nomor rekening anda. Saya usahakan bayar. Tapi kasih saya waktu. Gak usah kejar2 saya. Bapak bukan rentenir atau lintah darat kan. Nominalnya berapa pak? Anda maksa saya bayar kan? Saya bayar sepunya uang saya.


Gw: Okay masalah pembalasan, coba buktikan kepada aku kalau aku melakukan pembalasan ke kamu? Masalah 2 juta kamu hilang? Itu mank saya yang lakukan? Kalau masalah nagih, mank saya tidak punya hak untuk menagih? Ga punya hak untuk menerima balik apa yang aku punya?
Masalah lintah darat/rentenir. Kalau aku itu orgnya, mungkin ga aku akan menagih setelah kamu membuat ulah? Kalau aku emank rentenir/lintah darat, ingat aku ga pernah bebanin bunga ke kamu.
Kalau aku ga punya hati dan ga ngertiin kamu, nurut kamu apa yang kamu lakukan itu benar dengan cara ngomongin aku, nipuin aku, blokir aku dan menyuruh cow kamu blokir aku?


LLL: mana jumlahnya? Mana nominal? Nomor rekening? Nipu? Buktinya drmn saya menipu anda?


Gw: Kalau kamu merasa aku maksain kamu dan kamu tetap ga mau bayar karena kamu tidak merasa punya kewajiban untuk membayar hutang kamu. Terserah kamu aja mau bayar atau ga, daripada kamu ngatain aku n blng aku ga punya perasaan.
Ingat aku ga pernah mencemarkan nama baik kamu. Nurut kamu kalau ada orang yang berhutang sama kamu dan org itu memblokir kamu, apa solusi kamu?
14 april 2016, kamu blng kamu dah tidak bekerja. ingat kamu masih bekerja tuh


LLL: dimana? Saya resign kok. Memang saya tidak bekerja. Pak kalau mau dibayar. Kirimkan nomor rekening dan total. Setelah saya trf, saya akan blng anda telah melakukan pemerasan terhadap saya. Ya aku memang ga pernah berhutang sama kamu. Untuk apa aku bayar. Kita jaga hubungan baik aja skrg. Terima kasih untuk semua kebaikan kamu sama aku selam ini.

Gw: By the way aku Cuma mau bilang saja ke kamu, kalau kamu pribadi yang sudah berhutang atau yang punya hutang merasa tidak senang ditagih sama aku dan merasa dirugikan oleh aku, mending ga usah bayar deh. Daripada kamu ditagih, tapi kamu ga kambuan banget karena ditagih begitu. Tapi intinya aku tetap merasa itu hutang dan hutang itu harus dibayar (Hutang tetap Hutang dan harus dibayar)
Aku ga mau aku yang kasih pinjaman dan kamu yang meminjam, tapi aku yang seakan akan menjadi orang jahatnya karena hanya permasalahan menagih hutang sama kamu.
Kalau kamu merasa dari beberapa pekan lalu sejak aku tagih kamu pada tanggal 14 april 2016 dan saat itu kamu claim kamu ga bisa membayar hutang kamu dengan alasan kamu sudah tidak bekerja lagi dan kamu merasa kamu diperas (seperti yang kamu ketik pada siang ini) dan nama baik kamu dicemarkan. Aku kasih kamu waktu 2x24 jam (s/d tanggal 18 juni 206 pukul 15:15) untuk laporkan diriku ke kantor polisi terdekat rumah kamu dengan pasal pidana berikut ini:
?KUHP 368 (KASUS PEMERASAN) ?Barangsiapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, memaksa seseorang dengan kekerasan atau ancaman kekerasan untuk memberikan sesuatu barang, yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaan orang itu atau orang lain, atau supaya membuat utang atau menghapuskan piutang, diancam karena pemerasan, dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun?
?KUHP 317 (KASUS PENCEMARAN NAMA BAIK) ?tentang seseorang sehingga kehormatan atau nama baiknya terserang, diancam karena melakukan pengaduan fitnah, dengan pidana penjara paling lama empat tahun.?
Ada bbrp hal yang harus kamu tahu:
1.Tanggal 14 april 2016, kamu claim kamu tidak bekerja lagi. Kamu jangan mengira karena aku dari kampong, kamu bisa menipu aku.
Kamu silakan nanya orang kantor apakah aku ada call ke kantor kamu dan nanya ?Apakah Lea Liu Liang masih kerja disana?? jawaban mereka adalah ?Masih Pak, itu lagi di meja dia kenapa ya? Mau dipanggil tidak?? Jawaban aku ?Oh gpp mbak, Cuma nanya aja, mau survey doank?.
Total aku call ke kantor kamu sampai telp aku terakhir itu adalah 5x (2x diangkat sama resepsionis, 2x OB atau security gitu + 1x aku suruh sambungkan ke HRD)
2.Dari tanggal 14 april 2016 (ya sebelum itu lupain aja) + dari whatsapp kamu dari kemarin, kamu seolah olah pengen kabur dari masalah ini dan berusaha untuk ngelak + nipu ke aku (kalau ga percaya, coba silakan kamu ambil kertas dan pulpen, kamu catet chattingan kita dari kemarin sampai siang ini). Awalnya bilang A, nanti btr lg B, nanti A lg, nanti B lg.
3.Kamu harus tahu aku ini kerjaannya analis dan aku ini intelek. Jadi kalau mau berusaha mengelak, coba pelajarin aja dl gimana cara terbaik untuk mengelak. Jangan ceroboh gitu.

LLL: drtd aku tanya berapa nominal hutang aku dan nomor rekening kamu.. pasti aku bayar tenang aja sih.. aku gak bakalan kabur.. tp kamu galau tadi blg terserah mau bayar apa gak skrg kamu maksa minta dibayar gak usah panjang lebar pada intinya saja ya maunya apa skrg damai atau tidak.
Tidak usah ber tele tele saya tidak peduli apapun pekerjaan anda jgn buang waktu saya
Kamu hitung jgn kamu lebih2 kan nominalnya tq
Tuliskan brp rincian yg harus saya bayar saya bayar cicil ya bertahap.. Nomor rekening anda juga beritahu saya..
Saya tidak pernah iklas membayar itu semua krna selama ini kamu tidak pernah mempermasalahkan apalagi sampai menagih HUTANG
Jd saya tidak merasa HUTANG
Terima kasih banyak BAPAK

GW: Kayaknya aku dah kasih no rekening aku ke resepsionis kantor kamu
<nomor rekening dihapus dari forum>
Total 1.7jt
Pinjaman pertama: 700rb itu yg pertama x kamu kenal sama aku melalui nath
Pinjaman kedua: 300rb
Pinjaman ketiga: 500rb
Pinjaman keempat 200rb itu kamu kasih tahu butuh buat pengobatan mama kamu
Ditunggu ya dan kalau kamu anggap ini adalah pemerasan, silakan kamu lapor ke polisi atas kasus pemerasan. Aku persilahkan kepada kamu. Aku tunggu paling lambat malam ini 23:59
Tidak ada cicilan, krn ga ada jaminan kamu ga bakal nipu aku
Thanks

LLL: Kamu gak usah ribet.. Kamu tunggu aja aku pasti bayar kamu aku gak bakal nipu kamu lagi selama ini aku gak pernah merasa ber hutang sama kamu makanya aku cuek aja.. Gak usah kamu ngancem" aku segala macem deh.. Kmrn blg terserah mau bayar atau gak skrg maksa sekali suruh bayar. Saya sangat menyesal pernah bertemu anda. Tp untuk saat ini saya benar2 tidak memiliki uang di atm. trims.
Sorry sekali lagi saya gak sanggup bayar semuanya sekali lagi saya tekan kan selama itu gaj ada perjanjian saya harus membayar uang yg anda berikan ke saya.. tolong jangan menjadi seperti orang sayko or psychopat.. karena saya tidak pernah menjanjikan apa2 juga dengan anda soal pemblokiran dan lain lain saya mohon ampun mohon maaf.. jangan datang atau telpon ke kantor saya jangan ganggu pacar saya mereka tidak tau apapun.. saya sudah ceritakan ke orangtua saya.. mereka juga tidak memiliki uang sebanyak itu.. jd tolong ya saya tidak bisa membayar nya banyak faktor yg saya pikirkan.. Terimakasih..

jadi anda relakan saja saya juga ditipu kok sama teman saya sendiri 2juta orangnya di manado semua akun saya d blockir saya tlp2 dia menghindar tp saya tidak seperti anda yg sampai membelit saya seperti debt collector.. krna saya waras saya sehat saya orang mempunya hati.. walaupun dia sudah menipu saya saat saya tidak punya apa2 tp saya percaya tuhan akan membalasnya.. dan saya sudah mendapatkan ganjaran karma dr saya pernah memakan uang anda yg anda berikan ke saya
tidak usah banyak berbicara.. tidak usah banyak pembahasan ini intinya.. Terimakasih bapak yg terhormat..
jangan buat saya tidak bisa tidur dan makan dan tidak fokus kerja hanya karena anda yg mencecar saya karena uang ini yg saya tidak pernah merasa ber HUTANG.. tolong pak tolong apakah anda ingin killing me slowly ? saya mohon pak mohon sekali saya tidak bisa membayar kapanpun tidak bisa tolong iklaskan lapangkan hati anda.. tolong..

GW: Pemberitahuan: pembayaran hutang dari yang ditentukan sudah melewati batas waktu 7 hari alias 1 minggu dihitung dari tanggal yang ditentukan. Mohon diselesaikan pembayarannya secepat mungkin. Terima kasih

LLL: Tidak bisa saya bayar dan tidak akan saya bayar anda baca baik2 pesan saya.. kita tidak ada perjanjian tertulis jika apa yg sudah anda kasih adalah hutang dan saya tidak memiliki uang.. saya juga sudah laporkan masalah ini kepada kedua orang tua saya.. Jika anda masih waras mohon dipikirkan jangan ganggu hidup saya dengan hal yg tidak jelas seperti ini.. Terima kasih banyak Bapak
Saya tidak pernah berhutang kepada siapapun… Anda tidak usah memberlit saya… Anda akan mendapat karma yg lebih kejam atas segala perbuatan anda kepada saya pak.


Intinya gw mau nanya pendapat kalian. Kalau yang namanya pinjaman itu artinya hutang atau bukan?
Si LLL ini minjam duit saya tapi tidak mau membayar, karena alasan tidak ada perjanjian tertulis

Link Gambar: http://bit.ly/28UPUz7



Source : kaskus


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps