Home > Pemerintah > Informasi > Buruknya Pelayanan UP PLN Cengkareng dan PLN Kalideres.

Buruknya Pelayanan UP PLN Cengkareng dan PLN Kalideres.


125 dilihat

Buruknya penanganan dan pengaduan ganggung oleh UP PLN Cengkareng dan Kalideres serta petugas lapangan yang tidak professional dalam menindaklanjuti pengaduan yang telah kami lakukan sejak Agustus 2023 sampai sekarang.

Sudah lebih dari 20 kali pengaduan via aplikasi PLN Mobile dan telefon PLN 123, namun tidak kunjung ditindaklanjuti oleh petugas UP PLN Cengkareng dan UP PLN Kalideres. Akan tetapi dalam laporan aplikasi, pengaduan tersebut telah selesai.

Saya pertama kali mengajukan pengaduan nomor G5423083015*** pada tanggal 30 Agustus 2023, perihal voltase listrik yang turun selalu di bawah 170 V. Bahkan saat malam hari dapat menyentuh 120 volt. Tegangan listrik tersebut berdampak pada peralatan listrik kami hingga tidak bisa dioperasikan dan beberapa mengalami kerusakan. Atas pengaduan tersebut, petugas CS menginformasikan bahwa saya dapat memantau perkembangan aduan via aplikasi PLN Mobile. Namun hingga 4 Oktober 2023, tidak ada satu petugas pun datang untuk memperbaiki masalah tersebut. Terlebih ketika saya cek diaplikasi PLN mobile bahwa status pengaduan saya telah diselesaikan pada hari yang sama, hanya berselang 55 menit sejak saya mengajukan pengaduan via PLN 123. Sedangkan realitanya masalah tersebut tidak kunjung selesai hingga saat ini.

Pada bulan September saya melakukan pengaduan lebih dari 4 (empat) kali via aplikasi PLN mobile dan PLN 123, namun hasilnya tetap sama. Tidak pernah ada tindak lanjut dari UP PLN Cengkareng dan PLN Kalideres dan lagi-lagi status di aplikasi PLN Mobile sudah diselesaikan oleh petugas, padahal permasalahan ini tak kunjung selesai juga.

Selanjutnya saya melakukan pengaduan ke telefon PLN 123 hingga 2 (dua) kali dalam sehari pada 5 Oktober 2023 (dengan nomor pengaduan G1223100500*** dan K5423100510***). Hal tersebut kembali terjadi. Setelah saya cek aplikasi PLN Mobile status aduan saya dibatalkan sepihak hanya berselang 2 (dua) menit sejak saya mengajukan pengaduan di 123.

Pada 6 Oktober, saya mengajukan aduan lagi sebanyak 3 (tiga) kali dan kembali mengalami hal yang sama. Tidak ada petugas yang datang atau menghubungi, namun status di aplikasi selesai ditindak lanjuti.

Pada 7 Oktober, saya kembali melakukan pengaduan dengan nomor aduan G5123100700***, akhirnya ada petugas yang datang dan melakukan pengecekan. Atas pengecekan tersebut, petugas menyampaikan bahwa :

a. Ada masalah pada saluran kabel dari tiang listrik, yakni satu kabel dipakai lebih dari sepuluh rumah. Ini berbahaya karena seharusnya maksimal satu kabel hanya untuk dua rumah.

b. Pada saat pemasangan awal, petugas berbuat kesalahan dengan menyambungkan secara seri yaitu satu kabel saluran dari tiang listrik menyalurkan sepuluh rumah ini berbahaya dan meningkatkan resiko kebakaran.

c. Padahal saat pemasangan saya sudah menyampaikan untuk tidak memasang kabel secara seri. Dan meminta untuk ditarik langsung dari tiang listrik, namun petugas tetap melakukan sambungan listrik yang berbahaya tersebut.

d. Petugas berjanji akan mengganti kabel dan memperbaiki instalasi tersebut dan akan melakukan pemasangan travo untuk menaikan voltasenya.

Namun hingga 23 Oktober 2023 ini, tidak ada satu pun pertugas UP PLN Cengkareng dan PLN Kalideres yang datang untuk memperbaiki, mengganti kabel dan pemasangan travo. Apabila saya hubungi UP PLN Cengkareng & PLN Kalideres tidak pernah ada respon.

Saya sebagai pelanggan PLN, sampai bertanya-tanya apa begini bentuk pelayanan dari UP PLN Cengkareng dan PLN Kalideres?

Saya sudah lelah menyampaikan aduan yang sudah lebih dari 20 kali, namun tidak pernah ditanggapi. Sudah banyak alat elektronik kami yang rusak karena voltase yang tidak memenuhi standar tersebut. Selain itu terdapat beberapa bayi yang baru lahir di sekitar rumah, dimana cuaca panas seperti sekarang butuh udara yang sejuk. Namun tidak bisa karena AC tidak bisa dinyalakan dengan voltase yang hanya 120 dan ada tetangga yang juga sudah mengalami kerusakan AC.

Saya mohon dengan sangat kepada Direktur Utama PLN atau Kepala UP PLN Cengkareng dan PLN Kalideres untuk segera menindak lanjuti pengaduan kami dengan melakukan perbaikan. Juga menindak tegas oknum PLN yang nakal, baik petugas lapangan yang melakukan pemasangan listrik dimana seharusnya kabel ditarik dari tiang listrik langsung tapi hanya di jumper saja agar terdapat sisa kabel listrik yang tidak tau rimbanya setelah pemasangan. Dan petugas yang hanya memperbaharuhi status perbaikan selesai padahal pengaduan tersebut belum sama sekali ditindaklanjuti.

Semoga PLN segera menyelesaikan masalah voltase yang turun dan tidak stabil dilingkungan saya. (AZR)




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps