PDAM
Home > Pemerintah > Informasi > Pencatatan Tagihan PDAM Tidak Sesuai

Pencatatan Tagihan PDAM Tidak Sesuai


5484 dilihat

Saya adalah pelanggan PDAM di wilayah Cikarang Selatan. Di bukti pembayaran PDAM tagihan PAM periode bulan Juli 2012 tercantum angka stand meter awal 252m3 dan angka stand akhir 252m3 = pemakaian 0m3. Akan tetapi ditagih Rp.46.800. Saat itu saya menyuruh orang suruhan untuk membayarnya pada tanggal 02 Agustus 2012. Karena orang suruhan saya tidak mengerti. Jadi oleh dia langsung dibayar. Dan saya mengetahui kejanggalan tersebut setelah 2 hari kemudian tanggal 04 Agustus 2012 saat orang suruhan saya memberikan resi tagihan PAM tersebut.

Lalu saya komplain ke pihak loket pada tanggal 04 agustus 2012, oleh petugas loket bernama Ibu R.Nita.S dijawab tidak bisa direvisi dengan alasan sudah 2 hari dari tanggal pembayaran. Dan saat dilihat di komputer photo meteran PAM di rumah saya tidak jelas karena kacanya buram. Dan saya di suruh datang ke bagian pencatatan meteran PAM. Akhirnya saya menemui orang yang mencatat. Orang tersebut bilang karena kaca di meteran buram maka dia asal tebak angkanya. Dan dibikinlah angka pemakaian 0m3 ( nol meter kubik). Saya tidak bisa terima alasan dia dan saya berdebat.

Akhirnya mereka bilang ini akan diajukan dulu ke pimpinan dan ke bagian data dan saya harus membuat laporan permohonan pengaduan pelanggan. Aakhirnya saya menyetujui untuk menandatangani laporan permohonan tersebut dengan jenis pengaduan koreksi rekening dan penggantian kaca meteran PAM. Dan saya juga harus menyertakan photo meteran PAM di rumah saya. Pada saat hari itu tanggal 04Aagustus 2012, pihak loket meminta saya untuk datang kembali di tanggal 16 Agustus 2012. Karena tanggal tersebut bertepatan dengan libur Lebaran, saya tidak datang. Saya datang bulan berikutnya.

Saat saya datang untuk membayar tagihan pada tanggal 6 september 2012 , di bukti pembayaran PAM tertulis meter kubiknya periode Juli : stand meteran awal 252m3 stand meteran akhir 259m3 = 7m3 plus bayar denda Rp.10.000. Total yang harus dibayar untuk periode Juli sebesar Rp.56.000, dan periode Agustus stand meteran awal 252m3 stand meteran akhir 266m3 = 14m3 yang harus di bayar untuk periode Agustus sebesar Rp.75.200. Seharusnya tagihan periode Agustus di tulis stand meteran awal 259m3 (berdasarkan stand meteran akhir di bulan Juli).

Kenapa di bukti pembayaran tulis stand meteran awal mulai dari 252m3 lagi ( ini sama dengan stand meteran awal untuk bulan Juli )? Ini merugikan saya sebagai pelanggan PDAM. Dan ini sama saja tidak menanggapi komplain saya bulan lalu. Saat saya komplain untuk kesalahan tersebut pihak loketpun memberikan jawaban yang sama dengan saat saya komplain bulan lalu. Karena saya tidak ada waktu untuk bolak - balik karena saya kerja di Jakarta maka saya membayar tagihan tersebut meskipun saya kecewa karena dirugikan.

Harapan saya kepada pihak terkait mohon agar selanjutnya di lakukan pencatatan yang benar agar tidak merugikan pelanggan dan apabila alasannya karena kaca di meteran buram. Seharusnya pihak PDAM yang berkewajiban mengganti kaca di meteran tersebut. Jangan karena alasan kaca buram terus timbul pencatatan yang tidak sesuai dan seenaknya yang pada akhirnya konsumen yang dirugikan. Sudah air PAM-nya sering keruh berwarna coklat dan ada endapan lumpurnya. Masak tagihan juga di manipulasi untuk mendapatkan keuntungan? Dan kejadian seperti ini bukan pertama kali. Karena di periode Juli 2010 pun saya mengalami hal yang sama. Mohon agar diperhatikan. Terima kasih.

Elisa
Vila Mutiara Cikarang 2 blok B 10 No.26
Cikarang Selatan - Bekasi




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps