PLN
Home > Pemerintah > Informasi > Voltage PLN Naik Turun

Voltage PLN Naik Turun


4350 dilihat

Kami adalah pelanggan PLN dengan nomor ID pelanggan 547200641058. Sejak tinggal di rumah ini, di Bukit Golf Riverside Cibubur, kami sudah mengalami masalah voltage listrik naik turun. Namun karena hal ini tidak dapat diselesaikan/diatasi oleh PLN, kami berinisiatif memasang stabilizer untuk seluruh rumah. Namun demikian, pada waktu-waktu tertentu, stabilizer tidak mampu mengatasi ketidakstabilan voltage tersebut dan kami tetap mengalami listrik naik turun. Singkat cerita, kami bertahan dengan situasi voltage listrik naik turun selama 2 tahun ini. Belum lama, tepatnya tanggal 15 Oktober, kami mengetahui dari teknisi AC bahwa voltage listrik di rumah sangatlah rendah daripada yang seharusnya, menurut hasil pengukuran voltage meter hanya 150 volt. Padahal alat listrik di rumah beroperasi di rentang 220-240 volt.

Oleh karena itu, AC tidak dingin dan kulkas pun tidak bekerja dengan baik, contohnya adalah: freezer tidak dapat membuat es beku. Kami melaporkan keadaan ini kepada PLN lewat layanan telp 123 pada tanggal 15 Oktober 2012, dengan nomor aduan G 5312101504044. Operator 123 bekerja dengan baik dan menyampaikan prosedur pelayanan secara jelas, namun hal yang disampaikan tidak terealisasi. Dikatakan bahwa, dalam 45 menit akan ada petugas yang datang menangani dan ditegaskan bahwa pelayanan bersifat gratis. Tetapi, kenyataannya kami menunggu hingga malam tidak ada kabar lanjutan sama sekali.

Tanggal 16 Oktober 2012, kami kembali melapor dan diberikan nomor aduan baru G5312101600408, belakangan kami baru tersadar nomor aduan yang baru artinya menghilangkan record kegagalan pelayanan pada malam sebelumnya, tetapi kami tetap mengikuti prosedur yang ada. Petugas Operator 123 memberitahukan kami untuk menelepon ulang apabila tidak ada tindak lanjut dalam 45 menit, sehingga kami pun dengan setia dan rajin menelpon sepanjang hari itu, berkali-kali hingga sore hari.

Sore hari tanggal 16 Oktober ada bentuk tindak lanjut up dari kantor pelayanan Ciracas dalam bentuk telepon, yang mengatakan bahwa mereka tidak dapat datang ke rumah dan apabila memaksakan diri untuk datang akan tiba di rumah jam 22.00 malam, kami katakan kami akan tunggu, namun kenyataan tidak ada yang datang atau mengabari.

Tanggal 17 Oktober 2012, kami kembali menelpon beberapa kali tetapi tetap dengan situasi tidak ada tindakan lanjut. Tanggal 17 sore hari, ketika kami menelpon lagi untuk kesekian kali, petugas operator 123 mengatakan bahwa di data mereka keluhan kami telah ditangani dan telah ada petugas yang berkunjung. Segera saja kami merasa sangat marah dan kecewa karena tidak hanya pelayanan lambat, tetapi juga karena ada unsur penipuan di situ.

Akhirnya setelah kami jelaskan kepada operator kronologis proses pengaduan kami, barulah kami dianggap serius. Lagi-lagi kami diberi nomor aduan baru, G 5312101702890 dengan alasan nomor yang lama sudah terdaftar sebagai pekerjaan yang telah selesai. Dalam 45 menit, ada follow up dalam bentuk telepon, dan pemberitahuan mengenai waktu kedatangan petugas. Kantor pelayanan menelpon beberapa kali untuk terus mengabarkan mengenai waktu kedatangan petugas. Sungguh sangat disayangkan sekali mengapa pelayanan baru serius diberikan ketika kami sudah marah dan sudah berulang kami menghubungi 123.

Apa memang seharusnya seperti itu? Pelanggan harus menelpon beberapa kali dan pada akhirnya harus sedikit marah baru dapat dianggap serius? Kami membayar listrik jauh lebih mahal oleh karena voltage rendah dan tidak stabil, dan kami setiap hari beresiko merusakkan alat elektronik di rumah. Akhirnya, petugas/teknisi PLN datang tanggal 17 Oktober malam hari jam 19.00. Mereka mengakui rendahnya voltage yang ada di rumah, mereka berusaha mencari sumber yang lebih baik dengan cara naik ke tiang listrik. Kesimpulannya, tidak ada sumber yang lebih baik, sumber yang terbaik tegangannya 190 volt. Petugas mengatakan bahwa area tempat tinggal saya voltagenya memang rendah dan sebenarnya semua rumah sekitar saya mengalami voltage rendah hanya saja beberapa rumah saja yang merasakan/menyadari. Petugas PLN lalu memindahkan sumber listrik saya, sehingga terjadi "perbaikan tegangan", dari yang tadinya hanya 150 volt, menjadi 170 volt.

Setelah itu, petugas mengatakan mereka menyerah dan tidak dapat lagi melakukan apapun. Kami disarankan untuk mengumpulkan warga membuat petisi bahwa kami memerlukan gardu listrik yang baru. Pertanyaan kami, apa benar kami yang harus mengurus aplikasi untuk pembuatan gardu listrik baru? Mengapa tidak ada prosedur pelaporan dari petugas lapangan kepada kantor pusat bahwa daerah kami memerlukan tambahan listrik? Dengan kondisi tegangan naik turun, kami tidak pernah mendapatkan potongan harga, bahkan cenderung membayar lebih mahal. Sebagai tambahan, barang-barang elektronik di rumah mengalami kerusakan oleh karena sumber listrik rendah dan tidak stabil.

Sungguh mengecewakan karena tarif listrik yang meningkatkan tidak diimbangi dengan pelayanan yang lebih baik? Apakah kami sampai harus menyediakan listrik sendiri? Demikian pengalaman kami dengan pelayanan PLN, sehingga pelanggan yang lain dapat lebih berhati-hati dan lebih bersikap kritis ketika membuat aduan kepada PLN. Sampai saat ini belum ada suatu solusi yang diberikan kepada kami, hanya diminta untuk menunggu saja dan berharap dibuatkan gardu listrik baru.

Hormat kami,

Reinhard Parningotan Simanjuntak
Bukit Golf Riverside 2 Blok B5 No.16
Kab. Bogor




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps