Home > Lain-Lain > Penipuan > Penipuan JualBeli Online

Penipuan JualBeli Online


420 dilihat

Assalamu'alaikum wr.wb.

Ane mau menceritakan sedikit pengalaman ane nih gan mengenai jual-beli online, ane udah menjadi korban penipuan jual-beli online melalui salah satu website jual-beli online. Pasti agan sebagai pembaca bertanya-tanya mengapa bisa menjadi korban penipuan, apa website yang terdapat oknum penipu tersebut, lalu barang apa yang ane beli dan jumlahnya berapa.

Jadi ceritanya kaya begini gan,

Ane lagi nyari kamera mirrorless, karena emang ane suka ngambil gambar ya walau ane kaga begitu paham dengan dunia fotografi. Ada salah satu web yang menurut ane menarik nih gan, mengapa? karena penjual memasang harga lebih rendah dari penjual lain *maklum mahasiswa nih gan* akhirnya ane coba untuk menginvite pin yang tertera pada profile tersebut. Setelah ane di acc ama tu seller, lalu terus ane langsung menanyakan kamera tersebut. Ternyata kamera tersebut barang ready stock, dan sebelum ane bertanya ane udah dikit tau tentang kamera tersebut jadi kaga terlalu banyak nanya soal kamera. ane langsung nanya gimane kalo mau beli tu kamera, setelah si penjual memberitahu harganya dan di bayarkan melalui transfer bank B*I serta tidak ada biaya tambahan apa pun akhirnya ane pun deal.

Lalu penjual memberikan No. Rek A/n Gio Suryadi 0444-01-001826-536 dan meminta segera di transfer sebesar 7.700.000. Jika sudah Transfer maka akan langsung di berikan nomor resi, itulah yang penjual katakan. Penjual mengatakan barang dikirim 2-3 hari sampai, akhirnya ane minta jaminan ktp gan karena pembelian tidak melalui rekber dan CoD.

Akhirya ane menuju ATM untuk melanjutkan transaksi, setelah ane kirim bukti transfer ke penjual kaga lama penjual tersebut meminta nomor T-s*l dengan alasan untuk menghubungi ane. Tiba-tiba si penjual pun meminta dana untuk jaminan, setelah 15 menit akan di kembalikan katanya. Disitu ane baru nyadar gan bahwa sebenarnya seller kaga bener-bener jual tu kamera, ternyata si penjual adalah seorang penipu.

Ane meminta agar uang di refund, namun penjual tetap meminta uang tambahan tersebut dengan alasan untuk asuransi. Setelah ane ngotot untuk tidak memberikan uang tersebut ternyata si penjual kabur dan ktp yang di berikan pun bukan ktp asli melainkan ktp palsu.

Buat agan agan yang akan melakukan transaksi melalui website, ane nyaranin lebih baik CoD atau melalui rekber. Karena kalo agan kaga tahu maka anda bisa menjadi korban penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab kaya ane gan. Sekian informasi yang dapat ane berikan, semoga bermanfaat untuk agan agan sekalian.

Penipuan Jual-Beli Online

Wassalamu'alaikum wr. wb.





Source : kaskus


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia
admin@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps