Home > Lain-Lain > Penipuan > (HATI-HATI) PUSAT RESOLUSI tokopedia yang SANGAT TIDAK PROFESIONAL!!

(HATI-HATI) PUSAT RESOLUSI tokopedia yang SANGAT TIDAK PROFESIONAL!!


1152 dilihat

(HATI-HATI) PUSAT RESOLUSI tokopedia yang SANGAT TIDAK PROFESIONAL!!

Saya sebagai seller ttmshop merasa sangat kesal dan kecewa kepada pihak tokopedia mengenai masalah di pusat resolusi dengan transaksi : INV/20180124/XVIII/I/130787120 , produk : EZcast WiFi Display Receiver Dongle.

Masalah adalah buyer yang mengada-ada membuat komplain dengan menyatakan produk yang diterima rusak. Dengan disertai foto bukti yang katanya produk tersebut di layar tv buyer warnanya biru saja.

Tapi waktu awal komplain di pusar resolusi, buyer tidak mengatakan hal seperti itu, melainkan produk yang diterima lecet2.

Lalu panjang lebar, seller jelaskan bahwa barang tersebut tidak sedemikian yang buyer katakan. Dan buyer bersikeras tidak mau kirimkan barang tersebut dikarenakan tidak mau menanggung ongkos kirim bolak balik, sampai akhirnya kami negosiasikan dan buyer nyerah mau kirim produk tersebut kembali ke seller.

Setelah sampai, langsung hari itu juga seller test produk tersebut. Ternyata tidak rusak sama sekali, seller juga sudah menyertai foto dan video lengkap bukti produk tersebut.

Hal yang mengecewakan timbul setelah pihak tokopedia membuat statement : Terkait bukti video, kami tidak dapat melihat apakah barnag yang digunakan merupakan barang yang direturkan pembeli kepada penjual.
Kalau memang sudah tidak percaya seller, kenapa dari awal minta bukti foto dan bukti kepada seller bahwa produk tersebut benar2 rusak ??
Kenapa tokopedia, tidak menanyakan hal yang sama kepada buyer sewaktu buyer mengirimkan foto bukti produk tersebut rusak, bahwa produk yang di foto buyer adalah bukan produk yang beli di toko seller.

Seller sudah rugi waktu banyak akan hal ini akan hal ini. Kalau produk yang seller kirim benar-benar rusak, mungkin seller masih terpaksa terima bahwa barang direturkan dan ongkos kirim balik barang returan tersebut seller yang nanggung, sekalipun dalam keterangan iklan seller sudah DIJELASKAN bahwa semua ongkos kirim baik pada saat beli atau retur, ditanggung sepenuhnya pihak buyer (Membeli = Setuju, gak mau bayar ongkir , jangan beli di toko seller).

Tetapi masalahnya adalah SELLER TIDAK SALAH, PRODUK YANG SELLER KIRIM TIDAK RUSAK SAMA SEKALI, APALAGI SELLER SUDAH KIRIM FOTO DAN VIDEO LENGKAP SEBAGAI BUKTI, BUKAN CUMA KATA-KATA SAJA. Tetapi tetap saja tokopedia malah seakan-akan menyalahkan seller, bahwa seller tidak mencoba produk yang sama seperti yang dikirimkan oleh buyer.

BODOH dan TIDAK PROFESIONAL sebagai Marketplace no.1 di Indonesia rasanya tepat dilayangkan kepada tokopedia dengan konteks masalah ini. Kenapa ?
1. Karena sudah tidak percaya kepada seller, tetapi masih meminta bukti kepada seller perihal produk yang dikirimkan buyer apakah rusak atau tidak.
2. Karena tokopedia tidak curiga dan menanyakan hal yang sama ke buyer, seperti kepada seller bahwa produk yang dikomplain apakah betul yang dibeli kepada pihak seller.
3. Tidak bisa mengkaji reputasi seller dan reputasi buyer di tokopedia selama ini, karena jelas-jelas reputasi buyer 0, tidak ada rekam jejaknya menggunakan pihak tokopedia. Sedangkan seller sudah lebih dari 4 tahun menggunakan jasa tokopedia.
4. Lebih memihak buyer daripada seller, tanpa mengedepankan nilai-nilai KEBENARAN dan BUKTI yang ada.
5. Bertele-tele dan terus memojokan dan mencari celah untuk menyudutkan Seller.

Lanjutan . . .

Hari ini (1 Februari 2018), seller sudah menuruti video unboxing yang diminta oleh pihak tokopedia sebagai bukti. Setelah seller kirimkan unboxing sampai pemasangan alat dengan baik dan benar, ternyata pihak tokopedia berkata lain lagi. Diminta unboxing pada waktu penerimaan barang. JELAS-JELAS INI SUDAH GILA dan TIDAK MASUK AKAL !! Pihak ketiga bukannya mempermudah ini malah mempersulit SELLER!!

Sekarang seller minta hal yang sama juga kepada tokopedia agar buyer mengirimkan bukti foto dan video pada saat penerimaan barang dari kurir JNE, lalu unboxking, dan pemasangan produk tersebut detil lengkap, sehingga bisa membuktikan bahwa barang tersebut benar-benar dari seller, bagaimana apakah bisa ?? Kalau bisa dan ada, seller maka akan menyerah dan membiarkan dana hasil penjualan direturkan ke buyer, tetapi kalau tidak bisa maka seller akan terus membawa masalah ini sampai kepada surat terbuka di online. Biar semua orang yang membaca bisa menilai bahwa pihak marketplace yang sudah ternama ini : TOKOPEDIA ternyata memang semakin TIDAK PROFESIONAL dan memihak buyer ketimbang KEBENARAN!!

Benar-benar sangat PAYAH dan mengecewakan tokopedia, semoga surat terbuka ini bisa sampai ke petinggi-petinggi tokopedia, agar bisa diperbaiki kinerja pekerja2nya menangani pusat resolusi dengan adil.
Jadi hati-hati berjualan di tokopedia, karena bukti foto dan video sudah tidak lagi menjadi acuan untuk seller.




Source : kaskus


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps